Selasa, 18 Maret 2014

Tembang Jawa (Macapat) - Drs. Imam Sutardjo, M.Hum.



Penulis Drs. Imam Sutardjo, M.Hum
Ukuran 14 x 20,5 cm
Tebal 80 halaman
Kertas isi HVS 70 gr
ISBN: 978-979-1032-520

Karya sastra Jawa atau serat-serat Jawa banyak yang ditulis dalam bentuk basa pinathok ‘puisi tradisional’, maka dari itu mempelajari puisi tradisional khususnya tembang macapat merupakan salah satu bagian pelestarian dan pengembangan budaya tradisional dalam mengkaji dan mengetahui hakikat kebudayaan kita.
Tembang Jawa (macapat) termasuk bahasa susastra, karena syair-syair dalam tembang tersebut sebagai hasil karya seni yang mengandung aspek dulce 'keindahan' dan utile 'manfaat'. Dalam bahasa susatra tidak hanya meaning 'maksud, isi' yang dituju, melainkan juga form 'wadah, bentuk'. Tembang macapat selain sebagai tontonan 'hiburan' dan banyak mengandung unsur keindahan, juga dianggap bermanfaat dan memiliki nilai filsafat hidup (tuntunan ingkang kebak kaendahan)



Drs. Imam Sutardjo, M.Hum. Lahir di Desa Taji, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, 1 Januari 1960. Hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan antara lain : Nilai-nilai Moral dan Pesan Pembangunan Nasional dalam Seni Pertunjukan Wayang Purwa di Daerah Kotamadia Surakarta (Ketua, Dana BBI,1988), Keberadaan dan Pesan-Pesan Pembangunan Nasional dalam Seni Pertunjukan Wayang Sadat di Daerah Kabupaten Klaten (Ketua, Dana BBI, 1999), Bahasa Pedalangan Gaya Surakarta (Suatu Tinjauan Stilistika) (Ketua, Dana BBI, 2002). Buku yang akan segera terbit: Agama dan Budaya Jawa, Mutiyara Adi, dan Kepemimpinan Tradisional Jawa.



Pembelian langsung: 0813 291 06667

2 komentar:

  1. sugeng sonten, nuwun sewu kepareng nyuwun pirsa, wntn pundi nggih kula saged tumbas buku sak menika?

    BalasHapus
  2. sonten, pak. panjenengan saged tindak dateng UNS Pers, Pak. mbok menawi bukunipun taksih..

    BalasHapus